Sejarah Singkat Water Heater

Pengawali postingan perdana, saya ingin berbagi informasi mengenai sejarah singkat alat rumah tangga water heater, yang biasa terpasang di perumah klomplek. Pengertian dari Water Heater adalah alat yang digunakan untuk memanaskan air yang menggunakan energi sebagai sumber pemanas, dalam pengertian lain water heater memproses pemanasan air dengan pemanfaatkan sumber energy. Sumber energy ini bisa berupa tenaga surya (panas matahari), elektronik(listrik), gas dan lain sebagainya. Pada mulanya untuk memperoleh air panas, kita harus terlebih dahulu memasak air atau memanfaatkan air panas langsung dari alam.

Tentunya hal ini akan membutuhkan proses dan memakan waktu, maka pada tahun 1868 seorang pelukis asal London, Inggris, Benjamin Waddy Maughan menemukan water heater domestik instan pertama. Cara kerja alat ini sederhana air dingin ditempatkan dibagian atas wadah berupa tabung yang juga diisi jaringan kawat-kawat tipis sebagai pengantar panas, dimana bagian bawahnya diletakkan sebuah alat pemanas berbahan bakar gas. Lalu air panas mengalir ke bak mandi tanpa ada perantara. Maughan menamai penemuannya ini "Geyser", bahkan hingga kini di Inggris water heater masih sering disebut geyser.

Suatu saat seorang ahli tekhnik asal norwegia, Edwin Rudd memutuskan untuk berimigrasi ke Amerika, tepatnya ke Pittsburgh, Pennsylvania. Di kota itu ia menemukan blue print atau cetak biru water heater instan pertama buatan Maughan. Penemuan ini menjadi inspirasi, lalu Rudd mengembangkan penemuan ini menjadi mesin water heater otomatis. Akhirnya ia berhasil membuat water heater otomotis pertama di sekitar tahun 1889, Mesin ini berupa wadah berbentuk tangki penyimpanan air yang suhu airnya bisa di atur secara mekanis dan didistribusikan melalui pipa penyaluran air.

Dewasa ini water heater sudah semakin berkembang, dan sudah banyak sekali sistem yang di pakai dan bahan baku yang semakin baik dari ke hari. Hal ini demi kepuasan konsumen yang mengharapkan water heater terbaik untuk mereka.

Komentar

  1. this is wonderfull blog and give me more informations

    BalasHapus
  2. this is wonderfull blog and give me more informations service water heater handal

    BalasHapus

Posting Komentar