Tips Merawat Flashdisk

Flashdisk
Flashdisk untuk sekarang ini sudah menjadi perangkat wajib yang harus dimiliki oleh orang-orang yang sering bersinggungan dengan komputer/laptop. Bahkan untuk sebagian orang ada yang memiliki lebih dari satu flashdisk, termasuk saya sendiri memiliki 3 flashdisk. Ukuran yang kecil memudahkan untuk penyimpanan dan dibawa ke mana pun. Kelebihan lain flashdisk memiliki kapasitas yang besar, jika dulu kapasitas 16Mb tetapi untuk saat ini flashdisk memiliki kapasitas 1TB dan bentuknya juga unik-unik.

Walaupun masyarakat sudah mengenal dan menggunakan flashdisk, tetap saja masih ada orang yang tidak menghiraukan cara penggunaan flashdisk dengan baik dan benar. Melalui artikel ini saya akan berbagi Tips Merawat Falshdisk, yang sudah saya lakukan.
- Meng-eject flashdisk sebelum mencabutnya dari port usb computer atau laptop, hal ini dimaksudkan untuk mencegah agar file yang ada di dalam flashdisk tetap awet tidak rusak atau yang kita tahu dengan istilah corrupt.

- Gunakan format FAT32 untuk flashdisk berukuran kurang dari 2GB, jika berukuran 4GB keatas sebaiknya menggunakan NTFS. Jika file system kamu masih berformat FAT32 di flashdisk berkapasitas besar, maka kamu tidak bisa mengcopy data yang berukuran lebih dari 4GB per file.

- Jauhkan dari medan magnet, biasanya ini terdapat dibarang-barang elektronik seperti speaker computer, televise dan radio.
- Jangan sembarangan mencolokkan flashdisk ke sembarang komputer di rental atau warnet, Banyak kasus setelah ke warnet flashdisk terkena virus.

- Lakukan scan virus secara rutin dengan antivirus terupdate, tidak menuntut kemungkinan saat anda mengcopy data atau pemindahan data dari komputer ke flashdisk virus ikut pindah dari komputer ke flashdisk anda.
- Simpan flashdisk anda di tempat yang aman, jaga flashdisk dari suhu panas dan dingin yang berlebihan.

Saya rasa cukup itu tips merawat flashdisk yang dapat saya berikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Komentar